ASSALAMUALAIKUM WR. WB...... SELAMAT DATANG

KELOMPOK 13
PROAKTIF



Perubahan yang sempurna mustahil bagi orang-orang yang egois dan individualis... tanpa kerjasama tim kemenangan tidak akan ada sama sekali
.


Anggota Kelompok Proaktif :

Mardiyatun Nisyah (Koor.) F1B008048
Galih Dearisa F1B006085
Emma Amalia F1B008017
Muhlisoh F1B008067
Sri Wiyani F1B008102



GANBATTE!!!

Pesta Perubahan

Pesta Perubahan
ini adalah merupakan contoh dari pesta perubahan

Mata Kuliah Pengembangan Organisasi sebagai Wadah Semangat Bekerja Sama dalam Implikasi Perubahan

on Sunday, June 6, 2010

Semester 4 ini kami mengambil mata kuliah Pengembangan Organisasi dengan dosen Bapak Ali Rokhman. Dalam proses pembelajaran mata kuliah ini beliau memilih buku Change! Karangan Rhenald Kasali (yang seperti kita ketahui beliau adalah seorang ahli marketing) sebagai literatur untuk bahan pembelajaran. Untuk mempermudah pemahaman tersebut, pada pertemuan pertama perkuliahan ini mahasiswa dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk mereview setiap bab dalam buku tersebut. Disinilah awal kelompok 13 terbentuk. Kelompok ini terdiri dari:

Mardiyatun Nisyah (F1B008048)

Galih Dearisa (F1B006085)

Emma Amalia (F1B008017)

Muhlisoh (F1B008067)

Sri Wiyani (F1B008102)

Karena Kami mendapat kelopmpok 13 maka kami mendapat tugas untuk mereview Bab XIII tentang Pesta Perubahan.

Lalu pada pertemuan kedua mata kuliah Pengembangan Organisasi, 1 Mei 2010, kami dituntut untuk menunjuk seorang koordinator kelompok dan membentuk nama kelompok. Dan kami menunjuk Mardiyatun Nisyah sebagai koordinator kelompok kami, karena kami menganggap dia mempunyai kemampuan memimpin dan mengkoordninasi kelompok kecil kami. Kami sepakat memberi nama kelompok kami PROAKTIF. Alasan kami menggunakan kata tersebut sebagai nama kelompok kami adalah bahwa kami sangat berharap agar kelompok ini dapat selalu berpandangan jauh ke depan sehingga selalu dapat menghadapi perubahan dan tantangan yang akan datang. Seperti sebuah perusahaan yang harus bersikap proaktif terhadap lingkungan agar tidak mengalami krisis.

Kami juga mengusung motto “Anda bisa saja gagal dengan The Great Team.. tetapi anda tidak akan bisa menang tanpanya”. Mengapa kami memilih mengusung motto tersebut?? Kami menyadari dalam pengerjaan tugas ini kami adalah suatu kelompok yang mau tidak mau harus bekerja sama. Tanpa adanya kekompakkan dan kerja sama tim, tugas ini tidak akan selesai seperti yang kami harapkan. Kekuatan dan saling pengertian sangat dibutuhkan dalam kelompok. Oleh karena itu, kami berusaha untuk menjadi sebuah The Great Team yang solid untuk mencapai kemenangan dan keberhasilan dalam pengerjaan tugas ini.

Awal mulanya, langkah yang kami kerjakan adalah membagi topik dalam Bab XIII untuk direview oleh masing- masing anggota kelompok secara merata. Dalam bab 13 terdapat 46 halaman sehingga setiap orang mendapat 9-10 halaman untuk direview. Setelah direview kami menggabungkannya. Dalam proses review setiap anggota tepat waktu dalam pengerjaannya.

Lalu kami juga membuat blog kelompok sebagai media penyampaian tugas tersebut kepada dosen serta kepada mahasiswa lain atau bahkan pihak- pihak lain yang tertarik terhadap materi yang kami bahas. Alamat blog kami adalah www.pestaperubahan.blogspot.com. Diharapkan dengan adanya blog tersebut kami bisa saling memberi masukan, sharing informasi ataupun kritikan terhadap kelompok kami ataupun terhadap bahasan bab yang kami telaah.

Setelah kami membuat blog tersebut, lalu kami mempublikasikan hasil review kelompok kami ke dalam blog. Kami membuat desain blog semenarik mungkin agar banyak yang tertarik untuk memberikan komentar kelompok kami tentang Pesta Perubahan. Setelah itu banyak komentar dan pertanyaan yang muncul dari kelompok lain, kami pun berusaha menjawab setiap komentar dan pertanyaan tersebut semampu kami. Dan kami juga memberikan komentar serta pertanyaan kepada kelompok lain. Dengan adanya blog tersebut, komunikasi antara mahasiswa semakin terjalin dan juga dapat menambah pengetahuan karena adanya sharing informasi atau saling bertukar pikiran.

Dalam pertemuan perkuliahan tanggal 22 Mei 2010, kami mendapat kuis untuk menganalisis tentang keberhasilan dan kegagalan klub Barcelona yang dikaitkan dengan sebuah konsep yang ada di buku Change! Serta perkembangan Kabupaten Purbalingga yang berhasil yang dikaitkan dengan kisah organisasi lain yang dibahas dalam buku Change dan kaitannya dengan konsep extraordinary people. Pada awal pengerjaan kuis ini kami sama sekali awam dengan soal yang diberikan. Apalagi yang berkaitan dengan keberhasilan dan kegagalan Barcelona. Maka kami membagi-bagi tugas dan mencari informasi baik dari internet maupun orang yang menjadi penggemar Barcelona. Bahkan kami pun juga bertanya kepada teman-teman kami yang berasal dari Purbalingga dalam pengerjaan kuis yang berkaitan dengan perkembangan Kabupaten Purbalingga. Dan hasil pengerjaan kuis, menurut kami, cukup memuaskan. Dan kami pun mengirimnya ke email Bapak Ali Rokhman pada hari Selasa tanggal 25 Mei 2010 yaitu sehari sebelum batas waktu yang ditentukan, 26 Mei 2010. Kami pun juga mempublikasikan hasil kuis tersebut di blog kelompok kami.

Selain kuis, tugas mereview dan mempublikasikannya dalam blog, kami pun mendapat tugas untuk mempresentasikan hasil review tersebut di hadapan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pengembangan Organisasi serta di hadapan Bapak Ali Rokhman. Presentasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2010.

Pada hari dimana kami akan mempresentasikan tugas kami, perkuliahan Pengembangan Organisasi diadakan di ruang 6 pada pukul 10.30- 12.00 WIB, lalu dilanjutkan pada pukul 12.40 WIB di ruang 1. Karena kami mendapat bahasan Bab XIII, kami mempresentasikan tugas kami di ruang 1 dan kami tampil hampir diakhir acara presentasi.

Dalam penyampaian presentasi, kami membagi tugas untuk menyampaikan materi. Galih Dearisa sebagai moderator dan yang lainnya sebagai penyaji. Namun dalam prosesnya, kami mengalami sedikit hambatan teknis, salah satunya adalah tulisan dalam slide kami yang tidak terbaca sehingga sedikit mengganggu kelancaran presentasi. Pada bahasan bab yang kami review teradapat banyak poin yang harus kami bahas dan kami dihadapkan oleh waktu yang sangat terbatas, sehingga materi presentasi kami tidak dapat kami sampaikan secara penuh dan karena keterbatasan waktu itu pula kami tidak bisa memberikan sesi pertanyaan kepada mahasiswa lain.

Kami bersyukur dengan kerjasama dan kebersamaan yang kami bangun dalam kelompok ini, kami bisa menyelesaikan tugas mata kuliah Pengembangan Organisasi yang meskipun dapat dikatakan bahwa tugas yang kami buat masih belum sempurna. Walaupun dalam proses penyelesaian tugas tersebut ada banyak hambatan dan kesulitan serta konflik yang muncul dalam intern kelompok kami, tetapi pada hakikatnya banyak manfaat yang bisa kami peroleh dalam pembentukan kelompok Pengembangan Organisasi ini, kebersamaan, kreasi, koordanasi, kerjasama, tanggung jawab dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kami rasakan serta bisa kami jadikan pelajaran dalam menjalani kehidupan.

Kami ucapkan terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan kelancaran dalam menyelesaikan tugas ini, kepada Bapak Ali Rokhman yang telah memberikan kami ilmu dan pengalaman serta kepada teman-teman mahasiswa yang saling mendukung untuk hasil tugas yang maksimal.

0 comments:

Post a Comment